fbpx
Sejuta Reseller

Sejuta Reseller

Cara Menghadapi Masalah

Cara Menghadapi Masalah

Masalah selalu ada. Ya, selalu ada. Mana mungkin nggak ada? Yang penting adalah sikap kita dan cara kita terhadap masalah. Baik dalam kerja maupun dalam bisnis.

Sering kali masalah bertambah hanya karena sikap kita dan cara kita yang salah. Misal, kita menganggap itu karena kesalahan orang lain. Jujur, dulu saya pun pernah begitu.

Terkait masalah, saya sangat menyarankan teman-teman untuk MEMBACA KE DALAM. Maksudnya, introspeksi. Bukan menyalah-nyalahkan pihak lain. Bukan menyalah-nyalahkan keadaan.

Nggak mungkin masalah terjadi begitu saja. Jangan-jangan kita penyebabnya. Sedikit-banyak, pasti ada sebab dari kita. Right? Sekali lagi, introspeksi.

Dengan kata lain, tidak ada yang salah dengan masalah. Jadi, buat apa resah dan gelisah? Kendati tidak mudah, sikapi saja dengan benar, niscaya semua akan berakhir indah. Insya Allah.

Dan inilah yang biasa terjadi:
– Si jahat membuat masalah.
– Si picik memperbesar masalah.
– Si awam membicarakan masalah.
– Si hebat menuntaskan masalah.
– Si bijak mensyukuri adanya masalah.
– Si jeli melihat peluang dari masalah.
– Si soleh naik derajat karena masalah.

Anda termasuk yang mana?

Satu lagi. Jadikan MASALAH sebagai “masa-masa untuk lebih mengenal Allah”.

Pengalaman saya, masalah akan membuat kita semakin cerdas, kreatif, dewasa, tangguh, dan tawakal. Itulah hikmah-hikmahnya. Lebih lanjut, bukan mustahil Allah menjadikan masalah sebagai alat untuk menggugurkan dosa kita atau menaikkan derajat kita.

Be tough!

Tetap Semangay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *